Jumat, 13 Maret 2009

Water Puppets

Kalau sudah di Hanoi yang wajib urusannya lihat pertunjukan seni boneka yang dimainkan di atas air. Kabarnya di Ho Chi Minh juga ada pertunjukan yang sama, cuma kabarnya lagi (maaf belum ada kepastian karena saya sendiri juga belom lihat dengan mata dan kepalaku sendiri jadi masih menurut kabar). Ya kabarnya, pertunjukan yang di Hanoi lebih ciamik...baguslah alasannya mereka yang memainkan boneka lebih jago ketimbang yang di Ho Chi Minh, katanya begitu lho. Wah para turis berkulit putih sangat terkagum-kagum, menurut mereka spektakuler. Ruang pertunjukan memang selalu padat dengan rombongan turis terutama bule. Saya masuk dengan membeli tiket yang klas termurah 40.000, klas satunya 60 ribu...eh 50 ribu...eh nggak tau lah lupa tuh!
Eh jujur aja saya tuh nguantuuukk nontonnya, nggak ngarti bahasanya...tapi setelah tau boneka2 kayu itu dalangnya kudu nyelup plus berendem di air sepanjang pertunjukan yang sejam lebih itu, mendadak sontak gue terbangun dari alam bawah sadar. Gileee banget daya tahannya, pan dingin tuh. Jadilah saya ikutan bertepuk tangan seusai pagelaran, bravo...bravo...bravo...buruan keringin tuh badan ntar masuk angin. Saya jadi bertanya-tanya apakah dalangnya itu2 aja atau ada lainnya, kalau itu2 aja ampiuuuunnn...apa vitaminya tuh kuat banget. Karena dalam sehari ada beberapa kali pertunjukan, dasyat kan.

2 komentar:

travelcrab mengatakan...

Hahaha... Mbak, saya percaya kalau dalangnya cuma satu orang. Orang Vietnam daya tahannya memang luar biasa. Mereka sanggup bertahan di Cu Chi Tunnel selama perang Vietnam, bahkan sampai beranak-pinak dalam terowongan bawah tanah yang sempit dan pengap itu. Luar biasa!

Anonim mengatakan...

kemarin saya kebetulan dari HCM mba, dan sempet nonton water puppet.
bisa liat catper di blog saya: gadisrakus.wordpress