Sabtu, 14 Maret 2009

Halong Bay (tiga)

Jadi begitulah bapak2 & ibu2 sekalian, perjalanan yang melelahkan di mobil yang sedikit ber-ac, maksudnya dinginnya sayup2 lumayan akhirnya tuntas juga. Di pelabuhan yang terbilang cukup bersih, mungkin karena yang dateng ke sana turisnya tingkat dunia kali ya jadi dijaga banget soal kebersihannya. Ketika terjadi pembagian rombongan, pemisahan yang sepertinya menjadi aturan main mereka, kami masih harus menunggu. Guide alias minter Tang, obeng, paku, palu, clurit...empat kata terakhir nggak usah dibaca dan dipikirin! segera mengumpulkan paspor kami, semua tanpa terkecuali! Tujuannya? tauk deh, pokoknya kumpulin...jangan banyak tanya!!! Nah, sambil menunggu aba-aba berikutnya, banyak dari rombongan yang berlarian ke kios-kios yang berderet guna membeli air mineral. Harganya nggak mahal2 amat kok, ada yang 8000, itu yang paling murah, ada juga yang 12.000. Saya sendiri cuma celingukan, beli jangan...beli jangan? Masak sih nggak disediain minum nantinya di kapal. Sampai akhirnya rombongan dipersilakan masuk menuju dermaga, ketika berhenti menunggu urusan berikutnya saya sempatkan diri membeli air mineral, kebetulan ada satu kios tepat menuju pintu masuk dermaga. Harganya sebotol 15.000, gile...lu kire gue b...o...d...o, enggak ah, 10.000 mau nggak? Ente kasih ane bayar, kagak dikasih ane lari...maksudnya lari ke kios dideretan depan, biar nyebrang murah 7000. Betulkan dikasih juga, maka botol air saya tenteng dengan wajah penuh kemenangan meski sebetulnya rugi 2000 Dong, nggak apalah. Habis tadi kalo nyebrang ribet juga, koper gue dijagain siapa lha semuanya pada sibuk beli air, masak kudu gue seret2 nyebrang jalan lebar...ogah ah...
Di dermaga kapal bersusun-susun mirip ikan asin dijemur, rapet nggak ada luang satu meterpun, semua dipenuhi kapal-kapal kayu. Kapalnya keren2 juga, mirip kapal pesiar ada yang mewah ada yang sedang. Dan ternyata kapal saya bukan diantara keduanya, kapal saya masuk ke kategori jel...eh kurang caem maksudnya. Tua dan tak terawat...kacian deh, tapi selama dia masih mampu berlayar why not? begitulah hati saya menghibur...kami pun segera berlompatan naik ke kapal. Ada delapan orang dalam rombongan kami, duh senangnya jadi nggak kebanyakan manusia, nggak berisik, nggak ribet.

Tidak ada komentar: